Kamis, Desember 13, 2007

PROJECT #5

SENIRUPA HIDUPKU SEMARANG KOTAKU KtoK PROJECT SEMANGATKU
KtoK PROJECT #5 Desember 2007

Oleh: M. Salafi Handoyo (Ridho).

Beberapa anak muda, umur berkisar 23 tahun, Mahasiswa Senirupa UNNES melakukan propaganda senirupa perdwibulanan dalam kurun waktu satu tahun. Menggunakan kos atau kontrakan mahasiswa sebagai tempat altenatif dalam proses kreatif.
KtoK Project #1 pada bulan Desember 2006, KtoK Project #2 pada bulan Februari 2007, dan KtoK Project #3 pada bulan April 2007, KtoK Project #4 pada bulan Oktober 2007, dan yang terakhir KtoK Project #5 pada bulan Desember 2007.
Project #5, mencoba lebih memahami dan membongkar dunia anak muda dengan ungkapan: Senirupa Hidupku Semarang Kotaku dan KtoK PROJECT Semangatku! Dan juga memunculkan kecintaan anak muda kepada KtoK PROJECT itu sendiri. Dengan harapan proyek seni ini dapat menjadi proyek laten sehingga mampu membuka peluang bagi perkembangan seniman muda khususnya di Semarang (M. Salafi Handoyo Ridho: Konseptor KtoK PROJECT #5).
KtoK PROJECT semangatku, semangat propaganda untuk anak muda dalam berkesenian, membangun jejaring, berambisi, bekerjasama, kolektif, dan berkeringat. Mencoba mandiri membentuk fungsi alternatif, agar sebagai seniman muda tidak terlalu bergantungkan diri.
Semangatlah yang tentunya mendasari keberhasilan ini. Tanpa semangat dan kerja keras, gerakan kreatif apapun hanya omong kosong. Bila suatu saat ada yang bertanya: KtoK PROJECT siapa pemiliknya? Dengan besar hati kita menjawab: Yang mampu membesarkan KtoK PROJECTlah pemiliknya, yaitu kita semua!
Tentunya membesarkan KtoK PROJECT dari kecil hingga seperti sekarang memakan biaya dan tenaga ekstra. Semangat untuk maju dan manajemen yang tepat agar gerakan kreatif seperti ini tak sia-sia.
KtoK PROJECT #5 adalah putaran terakhir untuk sebuah proyek seni dalam waktu satu tahun, 2006 – 2007. Agar proyek ini bisa dijadikan bahan pembelajaran, maka program satu tahun kedepan 2008 – 2009, data KtoK ROJECT akan disusun menjadi sebuah buku sebagai dedikasi untuk dunia senirupa dan tanda terimakasih untuk seluruh seniman muda yang terlibat.

Tidak ada komentar: