Kamis, Desember 13, 2007

PROJECT #4

Sakit? Di KOMIX Aja!
KtoK PROJECT #4 OKTOBER 2007



Oleh: Irfan Fatchu Rahman



KtoK PROJECT is back! Sepertinya itu semangat yang menyertai pembukaan pameran KtoK PROJECT #4. Sakit? Di KOMIX Aja! Bagaimana tidak? Sudah cukup lama juga, 4 bulan kegiatan KtoK vakum. Kevakuman ini dikarenakan kesibukan kami sebagai mahasiswa Senirupa Unnes dan aktivis KtoK, terutama angkatan saya. Yang dihebohkan dengan persoalan ujian dan KKN saat itu. KtoK PROJECT seharusnya terselenggara pada bulan Juli tetapi harus diundur pada bulan Oktober 2007.
Pameran KtoK PROJECT #4 kali ini menyajikan karya komik yang mengusung tema pendidikan. Mengkritisi dan mencari solusi dunia pendidikan yang dekat dengan kita. Tapi bukan sekedar komik yang biasa kita temui. Komik kali ini adalah karya komik aplikasi. Menggunakan barang-barang yang ada di kos/kontrakan mahasiswa seperti:
helm, gitar, t-shirt, jacket, boxer, sandal jepit, jam dinding, dispenser, kanvas, juga ada bed cover, piring, mangkuk, gelas, buku, lampion, rokok, botol, genting sebagai media pengganti kertas yang selama ini umum digunakan untuk mengkomik (Mohammad Rofikin: Konseptor KtoK PROJECT #4).
Tidak seperti pembukaan pameran KtoK sebelumnya. Kali ini tanpa adanya pembukaan secara resmi. Selepas pukul 19:00 WIB audience mulai berdatangan, ada yang datang ketika display pukul 17:30 WIB. Ada juga pada waktu pembukaan. Puncak banyaknya arus audience pukul 20:00 WIB. Massa yang datang dari dua penjuru memadati ruang pamer rumah catdog communitart jl. Banaran Raya Gunung Pati Unnes.
Well, ditambah sedikit ada gangguan dikarenakan listrik rumah catdog sering mati, tidak kuat daya. Untuk acara pembukaan pameran KtoK tersebut. Beberapa hari kemudian penyebabnya ditemukan: ada salah satu kabel yang membuat korsleting sebagai pemicu sering matinya lampu.
Perasaan puas dan tidak, menghinggapi para aktivis KtoK PROJECT. Kali ini wartawan tidak datang dalam pembukaan, mungkin besok baru datang meliput. Acara pembukaan KtoK kali ini juga tidak menggelar diskusi.
21 seniman muda yang terlibat dalam proyek ini adalah:
Fitricha, Ari Q-Njenk, Rofian, Taufan Affandi, Edi. PB, Siti Noor Aisyah, Singgih Adhi. P, Ratri Inayatul. B, Irfan Fatchu Rahman, Lainufara, Okky Noviyanto, Khori Teguh. A, Abikara Widyan. A, Fajar. A, Adinda Surya. A, Nahyu Rahma. F, Firman. TS, Mohammad Rofikin, Rangga, M. Salafi Handoyo (Ridho), dan Kurniawan Tom. AU.
Meskipun begitu, acara ini tetap menghadirkan magnet bagi anak muda Senirupa Unnes yang lain. Salah satu proyek seni yang mampu dijadikan pembelajaran dan referensi. Tujuan KtoK kini membawa misi pembelajaran seni dari dan untuk anak muda.
Well, KtoK PROJECT is back! And we'll be back on End 2007 - KtoK PROJECT #5.
Just wait n see! Support our local act.

Tidak ada komentar: